Pada saat ini, banyak anak muda yang menggunakan
barang elektronik yang sudah canggih. Salah satunya adalah
HandPhone(HP), yang sering kita gunakan untuk alat berkomunikasi.
HandPhone yang kita gunakan umumnya digunakan untuk berkomunikasi, tapi
tidakkah anda tau bahwa anak muda sering menyalah gunakannya,yaitu untuk
melihat hal-hal yang semestinya tidak patut mereka lihat apalagi
sebagai pelajar. Bayangkan jika para pelajar melihat hal-hal seperti
itu. Sekalipun belum ada pembuktian secara akademis, bahwa maraknya
peristiwa penyimpangan seksual dan pernikahan dini saat ini adalah
didorong oleh penyalah gunaan tekologi seperti situs porno di HP.
Rancangan Undang-Undang agar pelajar tidak diperbolehkan membawa
handphone diperbincangkan di mana-mana. Perilaku pelajar dewasa ini
semakin menjadi-jadi. Tak sedikit pelajar yang ketahuan menyimpan video
dan foto yang tidak senonoh di handphone. Belum lagi, handphone juga
digunakan untuk tukar-tukanran jawaban ujian. Sebagaimana perkembangan
zaman yang modern , saya melakukan penelitian ini dengan tujuan untuk
mengetahui seberapa besar pengaruh HP saat ini bagi pelajar di
Indonesia.
1.2 RUMUSAN MASALAH
Masalah yang dapat
dirumuskan dalam penelitian ini adalah dampak penggunaan HP yang sudah
berlebihan bagi pelajar dapat mengurangi prestasi belajar.
1.3 TUJUAN PENELITIAN
Adapun tujuan dari penelitian ini:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh HP saat ini bagi pelajar di Indonesia.
1.4 MANFAAT
Ada 2 manfaat yang dapat kita peroleh:
1)Manfaat umum meliputi:
Dampak Positif
1. Mempermudah komunikasi.
2. Menambah pengetahuan tentang perkembangan teknologi.
3. Memperluas jaringan persahabatan.
Dampak Negatif :
1. Mengganggu Perkembangan Anak :
Dengan
canggihnya fitur-fitur yang tersedia di hand phone (HP) seperti :
kamera, permainan (games) akan mengganggu siswa dalam menerima pelajaran
di sekolah? Tidak jarang mereka disibukkan dengan menerima panggilan,
sms, miscall dari teman mereka bahkan dari keluarga mereka sendiri.
Lebih parah lagi ada yang menggunakan HP untuk mencontek (curang) dalam
ulangan. Bermain game saat guru menjelaskan pelajaran dan sebagainya.
Kalau hal tersebut dibiarkan, maka generasi yang kita harapkan akan
menjadi budak teknologi.
2. Efek radiasi
Selain berbagai
kontroversi di seputar dampak negatif penggunaannya,. penggunaan HP juga
berakibat buruk terhadap kesehatan, ada baiknya siswa lebih hati-hati
dan bijaksana dalam menggunakan atau memilih HP, khususnya bagi pelajar
anak-anak. Jika memang tidak terlalu diperlukan, sebaiknya anak-anak
jangan dulu diberi kesempatan menggunakan HP secara permanen.
3. Rawan terhadap tindak kejahatan.
Ingat, pelajar merupakan salah satu target utama dari pada penjahat.
4. Sangat berpotensi mempengaruhi sikap dan perilaku siswa.
Jika
tidak ada kontrol dari guru dan orang tua. HP bisa digunakan untuk
menyebarkan gambar-gambar yang mengandung unsur porno dan sebagainya
yang sama sekali tidak layak dilihat seorang pelajar.
5. Pemborosan
Dengan
mempunyai HP, maka pengeluaran kita akan bertambah, apalagi kalau HP
hanya digunakan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat maka hanya akan
menjadi pemborosan yang saja.
2)Manfaat khusus meliputi:
1. Mempermudah komunikasi
2. Mengetahui perkembangan teknologi
BAB II
2.1 KAJIAN PUSTAKA
Maria
Ulfa menilai negative pelajar yang melakukan penyimpangan tersebut. Ia
mengakui, penyimpangan tersebut memang sering terjadi, namun tergantung
invidu masing-masing menyikapinya. Fauqal setuju. Menurutnya,
penyimpangan ini tergantung orangnya, mau digunakan untuk hal yang
positif atau negative. “TIdak semua pelajar yang menyimpan foto atau
video porno di handphone-nya.” Rahmadanil Akbar, Dirga Pryono Putra, dan
Arif Firmansyah memandang penyimpangan ini merupakan salah satu bentuk
kenakalan remaja. Melisa lain lagi. Pendapatnya, penyimpangan ini
terjadi karena ketidakmampuan remaja dalam menghadapi perkembangan
teknologi sebagai hal yang positif.
(Monica Florida Johan/ SMA N 14 Padang, Oktorilla Fiskasianita/ SMA N 2 Padang)
BAB III
3.1 METODE PENELITIAN
a) METODE PENELITIAN
Metode yang saya lakukan sebagai berikut:
1)Dengan pulsa Rp 5.000,00 dan menggunakannya pada waktu belajar.
2)Melihat dan membaca berita di TV ataupun koran.
1.2 Pelaksanaan Penelitian
Penelitian ini dilaksanakan di Jalan Matahari Pondok Teratai Sooko Kabupaten Mojokerto pada 15 November 2008.
1.1 Penilaian
Penilaian
ini dilaksanakan dengan menggunakan instrumen. Kriteria keberhasilan
25%. Diharapkan penilaian mendapatkan hasil maksimal, dan hasil analisis
data ini di deskripsikan sebagai berikut:
90 – 100 = baik sekali
75 – 89 = baik
60 – 74 = cukup
45 – 59 = kurang
b) HASIL PENELITIAN
3.1Analisis Data
Sesuai
dengan tujuan penelitian yang telah dirumuskan hasil analisis data skor
kemampuan tidak sesuai dengan yang diharapkan, 2 anggota yang telah
diteliti kurang memuaskan(15%), sedangkan 3 anggota yang lain
mendapatkan hasil yang memuaskan(10%). Jadi, skor yang diperoleh adalah
45.
BAB IV
4.1 PENUTUP
a) Kesimpulan
Dari penjelasan
diatas dapat disimpulkan bahwa”Perkembagan teknologi sekarang yang cukup
mdern dapat mempengaruhi dunia pendidikan di Indonesia. Maraknya HP
sekarang juga sudah merusak akhlak pelajar di negeri kita rusak” .
b) Saran
Berdasarkan
hasil penelitian diatas disarankan bahwa,"Menggunakan HP lebih baik
tidak pada waktu belajar dan jauhilah anak yang suka melihat dan
menggunakan HP dengan tidak seharusnya/semestinya."
Dampak HP bagi pelajar
Diposting oleh
sawaludin ahmad syahputra
Minggu, 20 Mei 2012
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar