Pada saat ini, banyak anak muda yang menggunakan 
barang elektronik yang sudah canggih. Salah satunya adalah 
HandPhone(HP), yang sering kita gunakan untuk alat berkomunikasi. 
HandPhone yang kita gunakan umumnya digunakan untuk berkomunikasi, tapi 
tidakkah anda tau bahwa anak muda sering menyalah gunakannya,yaitu untuk
 melihat hal-hal yang semestinya tidak patut mereka lihat apalagi 
sebagai pelajar. Bayangkan jika para pelajar melihat hal-hal seperti 
itu. Sekalipun belum ada pembuktian secara akademis, bahwa maraknya 
peristiwa penyimpangan seksual dan pernikahan dini saat ini adalah 
didorong oleh penyalah gunaan tekologi seperti situs porno di HP. 
Rancangan Undang-Undang agar pelajar tidak diperbolehkan membawa 
handphone diperbincangkan di mana-mana. Perilaku pelajar dewasa ini 
semakin menjadi-jadi. Tak sedikit pelajar yang ketahuan menyimpan video 
dan foto yang tidak senonoh di handphone. Belum lagi, handphone juga 
digunakan untuk tukar-tukanran jawaban ujian. Sebagaimana perkembangan 
zaman yang modern , saya melakukan penelitian ini dengan tujuan untuk 
mengetahui seberapa besar pengaruh HP saat ini bagi pelajar di 
Indonesia.
1.2 RUMUSAN MASALAH
Masalah yang dapat 
dirumuskan dalam penelitian ini adalah dampak penggunaan HP yang sudah 
berlebihan bagi pelajar dapat mengurangi prestasi belajar.  
1.3 TUJUAN PENELITIAN
Adapun tujuan dari penelitian ini:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh HP saat ini bagi pelajar di Indonesia.
1.4 MANFAAT
Ada 2 manfaat yang dapat kita peroleh:
1)Manfaat umum meliputi:
Dampak Positif
1. Mempermudah komunikasi.
2. Menambah pengetahuan tentang perkembangan teknologi.
3. Memperluas jaringan persahabatan.
Dampak Negatif :
1. Mengganggu Perkembangan Anak :
Dengan
 canggihnya fitur-fitur yang tersedia di hand phone (HP) seperti : 
kamera, permainan (games) akan mengganggu siswa dalam menerima pelajaran
 di sekolah? Tidak jarang mereka disibukkan dengan menerima panggilan, 
sms, miscall dari teman mereka bahkan dari keluarga mereka sendiri. 
Lebih parah lagi ada yang menggunakan HP untuk mencontek (curang) dalam 
ulangan. Bermain game saat guru menjelaskan pelajaran dan sebagainya. 
Kalau hal tersebut dibiarkan, maka generasi yang kita harapkan akan 
menjadi budak teknologi.
2. Efek radiasi
Selain berbagai 
kontroversi di seputar dampak negatif penggunaannya,. penggunaan HP juga
 berakibat buruk terhadap kesehatan, ada baiknya siswa lebih hati-hati 
dan bijaksana dalam menggunakan atau memilih HP, khususnya bagi pelajar 
anak-anak. Jika memang tidak terlalu diperlukan, sebaiknya anak-anak 
jangan dulu diberi kesempatan menggunakan HP secara permanen.
3. Rawan terhadap tindak kejahatan.
Ingat, pelajar merupakan salah satu target utama dari pada penjahat.
4. Sangat berpotensi mempengaruhi sikap dan perilaku siswa.
Jika
 tidak ada kontrol dari guru dan orang tua. HP bisa digunakan untuk 
menyebarkan gambar-gambar yang mengandung unsur porno dan sebagainya 
yang sama sekali tidak layak dilihat seorang pelajar.
5. Pemborosan
Dengan
 mempunyai HP, maka pengeluaran kita akan bertambah, apalagi kalau HP 
hanya digunakan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat maka hanya akan 
menjadi pemborosan yang saja.
2)Manfaat khusus meliputi:
1. Mempermudah komunikasi
2. Mengetahui perkembangan teknologi
BAB II
2.1 KAJIAN PUSTAKA
Maria
 Ulfa menilai negative pelajar yang melakukan penyimpangan tersebut. Ia 
mengakui, penyimpangan tersebut memang sering terjadi, namun tergantung 
invidu masing-masing menyikapinya. Fauqal setuju. Menurutnya, 
penyimpangan ini tergantung orangnya, mau digunakan untuk hal yang 
positif atau negative. “TIdak semua pelajar yang menyimpan foto atau 
video porno di handphone-nya.” Rahmadanil Akbar, Dirga Pryono Putra, dan
 Arif Firmansyah memandang penyimpangan ini merupakan salah satu bentuk 
kenakalan remaja. Melisa lain lagi. Pendapatnya, penyimpangan ini 
terjadi karena ketidakmampuan remaja dalam menghadapi perkembangan 
teknologi sebagai hal yang positif.
(Monica Florida Johan/ SMA N 14 Padang, Oktorilla Fiskasianita/ SMA N 2 Padang)
BAB III
3.1 METODE PENELITIAN
a) METODE PENELITIAN
 Metode yang saya lakukan sebagai berikut:
1)Dengan pulsa Rp 5.000,00 dan menggunakannya pada waktu belajar.
2)Melihat dan membaca berita di  TV ataupun koran.
 1.2 Pelaksanaan Penelitian
Penelitian ini dilaksanakan di Jalan Matahari Pondok Teratai Sooko Kabupaten Mojokerto pada  15 November 2008. 
1.1 Penilaian
Penilaian
 ini dilaksanakan dengan menggunakan instrumen. Kriteria keberhasilan 
25%. Diharapkan penilaian mendapatkan hasil maksimal, dan hasil analisis
 data ini di deskripsikan sebagai berikut:
 90 – 100 = baik sekali
75 – 89 = baik
60 – 74 = cukup
45 – 59 = kurang
b) HASIL PENELITIAN
 3.1Analisis Data
Sesuai
 dengan tujuan penelitian yang telah dirumuskan hasil analisis data skor
 kemampuan tidak sesuai dengan yang diharapkan, 2 anggota yang telah 
diteliti kurang memuaskan(15%), sedangkan 3 anggota yang lain 
mendapatkan hasil yang memuaskan(10%). Jadi, skor yang diperoleh adalah 
45.
BAB IV
4.1 PENUTUP
a) Kesimpulan
 Dari penjelasan 
diatas dapat disimpulkan bahwa”Perkembagan teknologi sekarang yang cukup
 mdern dapat mempengaruhi dunia pendidikan di Indonesia. Maraknya HP 
sekarang juga sudah merusak akhlak pelajar di negeri kita rusak” .
b) Saran
 Berdasarkan
 hasil penelitian diatas disarankan bahwa,"Menggunakan HP lebih baik 
tidak pada waktu belajar dan jauhilah anak yang suka melihat dan 
menggunakan HP dengan tidak seharusnya/semestinya."
Dampak HP bagi pelajar
Diposting oleh
sawaludin ahmad syahputra
Minggu, 20 Mei 2012
Langganan:
Posting Komentar (Atom)





0 komentar:
Posting Komentar